Selasa, 13 Agustus 2019

Nama di Tiket dan Paspor Beda? Remark atau Refund?



Nama di paspor dan tiket kurang atau salah?

Jadi hal yang paling ngga di-ingin-in sama setiap  orang yang sudah membeli tiket plus bayar. Mending kalau penerbangannya domestik atau hanya di sekitar negara Indonesia aja, coba kalau penerbangan internasional? Pasti langsung ngga bisa tidur.

Dan hal itu juga yang terjadi sama saya 22 jam sebelum penerbangan ke Singapura  tanggal 08 Agustus 2019 kemarin. 

Jadi ceritanya…

 

Beberapa hari sebelum pergi ke Singapura, aku dan teman-teman jalan-jalan ke Semarang dengan kereta. Pesanlah tiket di aplikasi online, Traveloka. Sebelumnya belum pernah naik pesawat sama sekali makanya waktu beli tiket datanya pakai KTP. Nah, hari kejadian alias saat beli tiket pesawat, saking excited nya mau ke luar negeri, beli lah tiket pesawat dan langsung masukin data yang dulu-dulu beli sebagai traveller.

Nama di KTP ku adalah Thia Amelia, dan mana di paspor ku Thia Amelia fauziah. Itu terjadi karena petugas imigrasinya bilang nama di paspor harus sama dengan nama di Akta Kelahiran.

Habis dari situ ngga mikirin sama sekali nasib tiketnya, yang ada dalam pikiran tuh pokoknya sudah punya tiket buat ke luar negeri aja. Mama yang sudah duluan di Singapura karena kerja pun Cuma mikirin jumlah duit yang harus dibawa ke sana. Karena ‘katanya’ bakalan diperiksa sama imigrasi Singapura. Dan alhamdulillah nya aku ngga diperiksa sama sekali. Usut punya usut, mereka-mereka yang diperiksa uangnya adalah mereka yang kena random check, alias dibawa ke kantor imigrasinya entah karena apa. Kalian bisa baca cerita salah seorang yang kena random check di sini: Pengalaman Tertahan di Imigrasi Singapore (Random Security Check)

Oke, karena hari-hari sebelumnya yang dipikirin Cuma berapa banyak orang uang yang harus dibawa dan engga mikirin sama sekali tentang nama tiket, akhirnya aku searching lah tentang jumlah uang itu, bantu Mama ku yang udah keblinger ngurusin jumlah duit. Pas lagi browsing gitu, ngga tau kenapa tiba-tiba nemu blog yang bilang dia bayar lebih lagi buat pergi ke luar negeri karena nama yang ada di tiketnya dan nama di paspor beda.

Tiba-tiba shock lah!!!

Mana udah jam 1 malam dan harus terbang jam 16.15, 24 jam udah lewat dari jadwal terbang ke Singapura. Dari situ langsung searching dan baca-bacain cerita orang tentang nama di tiket mereka yang beda dengan paspor, dan dari semua cerita itu rata-rata bilang mereka harus nambah uang lebih buat ganti nama di tiket mereka yang berbeda, sebagian besar bilang mereka ngeluarin uang 160.000. Tapi yang bikin rada pengen nangis tuh, mereka nyadar nama mereka beda beberapa hari sebelum penerbangan, sedangkan punyaku itu kurang dari 24 jam sebelum penerbangan. Makin bingunglah aku.

Akhirnya dengan sangat pasrah, beli lah pulsa 30.000 di aplikasi Go-jek, untungnya saat itu Gopay masih ada uangnya. Banyangin kalo ngga ada, mana udah jam 1 malam dan lagi bingung banget di situ.  Aku nelepon call center Lion air yang hidup 24 jam. Tapi, setelah nelepon 3 kali dengan jeda 15 menit dari setiap telepon, mereka bilang kalau nama aku sudah ngga bisa diubah dan hanya bisa refund, itu pun hanya dapat 50% dari harga tiket dan bisa diterima maksimal 30 hari. Makin down dong. 

Yaudahlah lanjut searching aja sambil meratapi nasib, pasrah.

Searching searching searching, ketemulah blog ini Ketika Nama di Tiket Pesawat Berbeda dengan Nama di Paspor

Yang akhirnya ngasih harapan ke aku kalau nama tiket yang beda dengan paspor masih bisa terbang. Selain itu, aku juga nemu tulisan ini Apa Gunanya Ada Call Center Lion Air 

Yang bilang juga masih bisa terbang tanpa ngeluarin biaya dengan cara di remark. Entah apa yah di remark itu, tapi yang jelas aku tenang lah ada istilah remark remark itu.

Oke, mulai tenang. Tapi, waktu udah jam 3 pagi dan mata masih segar karena down tadi. Akhirnya aku coba sekali lagi buat mastiin ke call center nya Lion Air yang merupakan tindakan bodoh. Karena mereka bilang kalau prosedur sekarang sudah tidak bisa di remark. Ish makin kesel kan.

Akhirnya dengan hati pasrah aku memutuskan buat refund aja dan udah sempat mau mencet tombol refund, tapi karena masih penasaran tentang remark ini aku putusin buat ke counternya dulu baru kalau ngga bisa di refund aja. Berangkat jam 6 pagi dari Bogor supaya pas nyampe engga jam 12, untuk jaga-jaga kalau masih harus refund aja. Karena kalau udah kurang dari 4 jam waktu penerbangan, kita Cuma dapat 10% dari harga penerbangan.

Oke, pergi lah ke counter Lion Air.

Jam 10 sampai di bandara, langsung bergegas ke counter nya yang ada di depan Mushola di terminal 2F.

Mba-mba dan mas-mas yang ada di sana minta aku buat liatin paspor dan tiketnya, dan mereka bilang, “Kalo kaya gini mah ngga apa-apa, mba. Masih bisa terbang kok, coba aja check in dulu,” kata mbaknya.

HATI LANGSUNG BERBUNGA-BUNGA DONG RASANYA

Entah berapa kali aku bilang terima kasih sama mas dan mbaknya, dan langsung mensyukuri keputusanku untuk ngga langsung refund via aplikasi dan milih untuk datengin counter Lion Air.

Tapi tetap aja masih belum tenang karena takutnya pas check in malah ngga bisa kan. Niatnya kalo hal itu terjadi aku mau rame-in ajalah bandara nya wkwk, udah stress beratkan, mana semalaman ngga tidur juga karena mikirin hal ini. Sialnya tempat check in Lion Air penerbangan pukul 16.15 baru dibuka jam 2 nanti yang artinya udah kurang dari 4 jam waktu penerbangan. Wah, kalau ngga bisa juga benar-benar bakal ku bikin rame lah ini.


Emang nunggu itu paling ngga enak yah, akhirnya aku milih buat ke mushola aja dan tidur di sana, pas bangun eh udah jam 1. Berarti, ada 1 jam lagi yang harus aku tunggu. Ya sudah, ke KFC aja dulu.
Jam 2 datang, akhirnya tempat check in buka, tiket dan pasporku di minta. Sengaja aku ngga ngomong dulu takutnya penjaganya tau eh mahal ngga diizinin masuk. Ternyata… AKU DIBOLEHIN MASUK CUY.

Seketika langsung senang pake banget. Akhirnya jadi juga liburan ke Singapura, Yeay!!!

Nah buat kalian yang ngalamin hal ini, ada baiknya langsung datang aja ke counter Lion Air terdekat di daerah kalian. Karena kalau ke call center nya, suka rada kurang jelas gitu dan kadang mba atau mas yang jawabnya suka males ngejelasin. Kan rese yah. Tapi lebih baiknya kalian liat dulu baik-baik nama, waktu, bandara, dan tempat yang kalian akan kunjungi. Supaya ngga ribet dan malah bikin kepikiran terus. Selamat liburan~



Tidak ada komentar:

Posting Komentar